Media yang Menerima Naskah Cerita Anak - Anam Khoirul Anam Official -->

Media yang Menerima Naskah Cerita Anak

Bagi para penulis yang gemar menulis cerita pendek (cerpen)—khususnya cerpen anak, barangkali bisa mencoba mengirim naskah tersebut ke media-media berikut ini. Selain bisa menyalurkan bakat serta populer, mengirimkan naskah ke media juga bisa menambah penghasilan. Sudah terkenal dapat penghasilan tambahan pula, siapa yang tidak mau? Hanya saja perlu dipahami bahwa untuk bisa diterima atau diterbitkan butuh perjuangan serta kerja keras. Selain harus memiliki kualitas tulisan yang bagus, tiap penulis harus bersaing dengan penulis lain agar bisa diterbitkan.

Berikut ini daftar media yang menerima kiriman cerita anak:
1. KOMPAS
Selain menerima kiriman naskah untuk rubrik cerita pendek (cerpen) usia dewasa atau umum, Kompas juga menerima kiriman naskah cerpen anak. Bukan hanya rubrik cerita anak saja, media ini juga menyediakan rubrik puisi maupun artikel lain yang khusus membahas persoalan dunia anak. Jika hendak mengirim cerita anak hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah kata yang disediakan oleh media bersangkutan yakni sekitar 750 kata atau kurang lebih 2 halaman. Sasaran cerita tentu diprioritaskan untuk anak-anak—secara spesifik adalah untuk usia SD. Adapun honor yang diberikan kurang lebih Rp.350.000,-/cerita anak atau per penulis.

Selain itu, media ini juga menyediakan rubrik Dongeng Nusantara Bertutur. Rubrik ini memberi ruang kurang lebih 2000 karakter tanpa spasi (cws). Barangkali segmen di rubrik ini berbeda dengan cerita anak karena harus ada unsur lokalitas—minimal menyebut lokasi salah satu daerah di Indonesia. Untuk bidikan tidak jauh beda dengan cerita anak yakni untuk anak usia TK/SD. Honor yang diberikan memang lebih sedikit dari cerita anak kurang lebih Rp.150.000,- Pengiriman naskah bisa dilakukan lewat kantor pos atau email: nusantarabertutur@gmail.com.

Bagi penulis yang lebih suka menulis artikel, media ini juga memberi ruang menulis artikel anak. Ruang ini lebih fokus membahas soal perkembangan anak, ilmu pengetahuan, atau apa pun seputar dunia anak. Sasaran rubrik ini tidak jauh beda dengan cerita anak maupun Nusantara Bertutur yakni untuk anak usia SD. Jumlah kata yang disediakan kurang lebih 750 kata.

Bahkan jika Anda memiliki anak yang suka menulis puisi atau menggambar, media ini juga menyediakan rubrik puisi dan gambar. Honor yang diberikan kurang lebih Rp.200.000,-/penulis. Puisi bisa dikirim lewat email dan gambar kirim via pos ke alamat harian Kompas. Gambar bisa menggunakan kertas gambar ukuran A4.

2. KEDAULATAN RAKYAT
Tak jauh beda dengan media sebelumnya, koran ini juga menyediakan rubrik cerita anak. Ruang yang diberikan kurang lebih sekitar 600 kata. Honor Rp.100.000,-/cerita anak atau penulis.

Media ini juga menerima kiriman puisi, gambar ataupun cerita pengalaman singkat. Berhubung rubrik ini adalah untuk anak-anak, maka sasaran ataupun tema yang diusung adalah seputar dunia anak. Berbeda dengan media sebelumnya, untuk proses pengiriman alangkah lebih baik jika dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantornya.

3. SOLOPOS
Media ini juga menyediakan rubrik cerita anak. Adapun kriterianya, naskah berisi 600—700 kata. Sasaran tentu lebih fokus ke anak-anak sekolah dasar. Lokalitas lebih diutamakan. Honor yang diberikan kurang lebih Rp.100.000,-/cerita anak atau penulis.

4. PADANG EKSPRES
Media ini juga membuka rubrik cerita anak bagi para penulis. Kriteria naskah tidak jauh beda yakni antara 600—700 kata dan bidikan lebih fokus pada anak-anak usia sekolah dasar. Honor yang diberikan kurang lebih Rp.54.000,-/cerita anak atau penulis. 

5. LAMPUNG POST
Media ini juga memberi kesempatan bagi para penulis yang ingin menulis cerita anak. Kriteria masih sama seperti media-media sebelumnya. Honor yang diberikan kurang lebih Rp.150.000,-/cerita anak atau penulis. 

6. MAJALAH BOBO
Majalah ini memang lebih fokus pada dunia anak, jadi bagi para penulis yang memiliki cerita anak dapat mengirimkan karyanya ke majalah ini. Adapun ruang ini diberi batasan yakni sekitar 750 kata, sasaran utama adalah untuk anak usia SD. Honor Rp.250.000,- bahkan penulis yang berhasil dimuat akan mendapat bukti terbit.

Majalah ini juga menyediakan rubrik cerpen mini. Ruang yang diberikan kurang lebih sekitar 300 kata. Sasaran utama adalah untuk anak usia TK/SD. Honor yang diberikan kurang lebih sekitar Rp.250.000,-

Selain itu ada juga rubrik cerita bersambung (cerbung) serta rubrik puisi. Bahkan ada pula rubrik gambar serta cerita pengalaman singkat yang menarik. Ruang yang diberikan kurang lebih sekitar 7—10 kalimat saja.


Berlangganan update artikel terbaru via email:




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel