Pengertian Esai dan Jenisnya - Anam Khoirul Anam Official -->

Pengertian Esai dan Jenisnya

Di dalam rubrik sastra koran atau media massa biasanya menyediakan sebuah kolom esai. Rubrik esai sering kali ditayangkan di akhir pekan bersamaan dengan cerita pendek (cerpen) atau puisi/sajak. Tiap penulis pasti memiliki kemampuan di bidang masing-masing, entah menulis opini, cerita pendek (cerpen), puisi/sajak, atau karya lainnya. Sebelum lebih jauh membahas soal esai, alangkah lebih baik mengetahui terlebih dulu apa itu esai.

Di dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa: esai /ésai/ n karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dari pengertian ini setidaknya bisa disimpulkan bahwa membuat esai hampir sama seperti membuat opini, hanya saja esai sering kali identik dengan dunia sastra.

Ada beberapa jenis esai, di antaranya:

1. Esai Deskriptif (des·krip·tif /déskriptif/ a bersifat deskripsi; bersifat menggambarkan apa adanya): Esai deskriptif cenderung mengungkapkan hal-hal sederhana dan seperti apa adanya. 

2. Esai Kritik: Esai ini lebih memusatkan pada uraian tentang suatu kajian semisal seni, atau bidang lain. 

3. Esai Pribadi: Dari pengertiannya, esai pribadi lebih mengedepankan pandangan pribadi secara kuat dan menonjol.

4. Esai Reflektif: Jenis esai ini menuntut penulis lebih hati-hati dalam banyak hal. Selain itu, esai ini ditulis secara formal. Penulis harus menjaga tulisan agar tidak menyingguh hal-hal sensitif atau dengan kata lain esai ini ditulis secara objektif namun dalam wilayah formal.

5. Esai Tajuk: Esai jenis ini dapat dilihat dalam media massa dan majalah. Esai ini mempunyai satu fungsi khusus yaitu menggambarkan pandangan dan sikap media massa/majalah tersebut terhadap satu topik dan isu dalam masyarakat.

6. Esai Watak: Esai ini memperbolehkan seorang penulis membeberkan beberapa segi dari kehidupan individual seseorang kepada para pembaca. Lewat watak itu pembaca dapat mengetahui sikap penulis terhadap karakter yang dituangkan. Hanya saja dalam hal ini penulis esai tidak secara utuh menuliskan biografi seseorang.

Rata-rata, esai yang dijumpai di koran atau media massa adalah jenis Esai Kritik. Namun media tetap memberi ruang kepada semua penulis esai untuk mengirimkan jenis esai lainnya. Perlu diketahui bahwa berhasil atau tidak esai ditayangkan oleh media juga tergantung dari seberapa baik penulis membuat esai. Baik yang dimaksud tentu menyangkut perihal teknis menulis maupun hal-hal secara esensi dari tulisan tersebut.


Berlangganan update artikel terbaru via email:




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel